Mengenal Lebih Dalam Tentang Genset Diesel

Manusia terus selalu mencari ilmu-ilmu baru, pengetahuan baru, menemukan hal baru lalu mengembangkannya agar dapat menghasilkan sesuatu yang baru. Dalam kehidupan sehari-hari, kita pasti selalu berkelut dengan teknologi. Berbagai sector dalam kehidupan kita sudah dimasuki dengan yang Namanya teknologi. Karena itu sebagai salah satu upaya kita untuk mengikuti perkembangan zaman yang semakin canggih. Tak lain halnya dalam sector perindustrian. Mesin mesin yang digunakan sudah semakin canggih dan berkembang. Semenjak ditemukannya mesin uap oleh tokoh ilmuwan asal Skotlandia bernama James Watt yang lahir pada 19 Januari 1736. James Watt merupakan salah satu tokoh ilmuwan yang paling berperan dan berpengaruh berkat penemuannya tersebut karena itu merupakan cikal bakal dari lahirnya revolusi industry.

Revolusi Industri terus mengalami perkembangan hingga saat ini. Salah satunya yang akan kita bahas yakni genset diesel. Genset Diesel merupakan sebuah mesin yang memerlukan bahan bakar hasil dari olahan minyak bumi yakni solar. Genset ini mampu mengkonversi solar ini menjadi energi mekanik untuk melakukan proses pembakaran lalu mesinnya memanfaaatkan udara yang dikompresi untuk melakukan pembakaran solar tersebut. Genset diesel ini berbeda dengan genset bensin. Sesuai dengan namanya, yang membedakan antara keduanya hanyalah bahan bakarnya. Genset ini menggunakan solar sedangkan genset bensin menggunakan bensin. Genset diesel ini biasanya digunakan untuk orang banyak atau dalam suatu acara tertentu yang memerlukan pasokan listrik besar, biasanya juga digunakan untuk pusat perbelanjaan jika listrik dari pihak PLN padam.

Genset merupakan kependekan dari generator set. Alat ini ditemukan oleh dua ilmuwan yakni Michael Faraday dan Rudolf Diesel. Ilmuwan Faraday merupakan penemu dari asal mula generator modern sekarang. Dan Rudolf Diesel merupakan penemu dari Genset Diesel ini lalu dihak paten pada tahun 1892. Kita harus banyak berterima kasih pada para ilmuwan termasuk kedua ilmuwan tersebut karena telah berhasil menemukan alat yang memiliki banyak manfaat untuk kehidupan kita saat ini. Nah, Tugas kita sekarang yakni menjaga dan merawar hasil temuan para ilmuwan dan mengembangkannya serta menggunakannya dengan semaksimal mungkin.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *